Kunjungi Channel YouTube kami di "Guru Itung" Channel

Halaman

Saturday, September 4, 2021

Catatan Akhir Pekan Guru Penggerak Part 17: 9 Langkah Pengambilan Keputusan

Oleh: Jamaluddin Tahuddin


Pekan ini saya mempelajari cara mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran ketika diperhadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit dan saling bertentangan. Dalam berbagai contoh kasus yang diberikan, secara garis besar ada dua model kasus. Kedua model tersebut terdiri dari kasus-kasus yang melibatkan dua nilai yang bertentangan. Hanya saja pada model yang pertama, kedua nilai yang bertentangan tersebut merupakan dua hal yang sama-sama benar, yang kemudian disebut dilema etika. Sedangkan pada model yang kedua, nilai-nilai yang bertentangan merupakan dua hal yang berbeda yaitu benar dan salah, yang selanjutnya disebut bujukan moral. 

Pada situasi dilema etika, ada empat paradigma yang terjadi, yaitu 

  1. Individu lawan masyarakat (individual vs community), 

  2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy), 

  3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty),  

  4. Jangka pendek lawan  jangka panjang (short term vs long term). 

Berbagai kasus dilema etika diberikan dalam bentuk video sebanyak 4 video dilema. Video dilema yang pertama menampilkan Pak Tono yang sedang kebingungan antara menghadiri wawancara atau menolong ayahnya. Adalah benar jika Pak Tono menolong ayahnya terlebih dahulu karena bakti seorang anak kepada orang tua jauh lebih utama daripada wawancara. Akan tetapi benar juga jika dia menghadiri wawancara terlebih dahulu karena Pak Tono sudah buat janji dengan pihak yayasan. Paradigma yang terjadi pada situasi ini adalah dilema rasa keadilan lawan rasa kasihan. Dalam kasus Pak Tono, selain ada dilema antara rasa keadilan lawan rasa kasihan, ada juga dilema kebenaran lawan kesetiaan dan jangka pendek lawan jangka panjang. Sekiranya pak Tono menghadiri wawancara terlebih dahulu, maka ia memenuhi rasa keadilan, kebenaran, dan jangka pendek (dunia). Akan tetapi, jika ia menolong ayahnya, maka ia memenuhi rasa kasihan, kesetiaan, dan jangka panjang (akhirat).

Video dilema yang kedua menampilkan Bu Hani yang bingung antara tetap harus meminta Made membayar denda karena terlambat mengembalikan buku di perpustakaan atau memberikan pengecualian kepada Made karena tergolong siswa tidak mampu. Adalah benar jika Bu Hani tetap meminta Made membayar denda karena itu adalah sesuai aturan yang berlaku. Tapi benar juga jika Bu Hani memberikan pengecualian kepada Made karena kasihan sama Made yang tergolong siswa tak mampu. Paradigma yang terjadi adalah dilema rasa keadilan lawan rasa kasihan. Dalam kasus ini, selain terjadi dilema rasa keadilan lawan rasa kasihan, bisa juga dilema individu lawan masyarakat dan dilema Kebenaran lawan kesetiaan. Jika Bu Hani tetap meminta Made membayar denda, maka ia telah memenuhi rasa keadilan, masyarakat dalam hal ini warga sekolah, dan kesetiaan pada aturan yang berlaku. Akan tetapi, jika ia memberikan pengecualian kepada Made maka ia memenuhi rasa kasihan, individu (Made), dan kebenaran karena menolong orang yang susah.

Video dilema yang ketiga menampilkan Pak Budi yang lagi bingung antara harus jujur dan memberi tahu kepala sekolah mengenai les privat yang diberikan oleh pak Bambang atau melindunginya. Adalah benar jika Pak Budi jujur dan memberi tahu kepala sekolah mengenai les privat yang diberikan oleh pak Bambang karena hal itu sudah menjadi aturan yang berlaku di sekolah tersebut. Tapi benar juga jika Pak Budi melindungi Pak Bambang karena kasihan. Paradigma yang terjadi adalah dilema rasa keadilan lawan rasa kasihan. Selain dilema rasa keadilan lawan rasa kasihan, dalam kasus pak Budi juga ada dilema individu lawan masyarakat dan kebenaran lawan kesetiaan. Sekiranya Pak Budi jujur dan memberi tahu kepala sekolah mengenai les privat yang diberikan oleh pak Bambang, maka ia memenuhi rasa keadilan, masyarakat (siswa dan guru), dan kebenaran. Akan tetapi, jika pak Budi melindungi Pak Bambang, maka ia memenuhi rasa kasihan, individu (Pak Bambang), dan kesetiaan kepada sahabatnya.

Video dilema yang keempat menampilkan tiga orang siswa laki-laki yang lagi bingung antara bermain bola atau membantu temannya mengumpulkan dana untuk karya wisata. Paradigma yang terjadi adalah dilema individu lawan masyarakat. Selain terjadi dilema individu lawan masyarakat, dalam kasus ini juga terjadi dilema jangka pendek lawan jangka panjang. Jika mereka memilih bermain bola maka mereka memenuhi kepentingan mereka bertiga (individu) dan jangka pendek (hari cerah). Akan tetapi, jika mereka membantu temannya mengumpulkan dana untuk karya wisata, maka mereka memenuhi kepentingan masyarakat (teman-temannya) dan jangka panjang karena kegiatan pengumpulan dana untuk kepentingan jangka panjang.

Pemikiran seseorang dalam mengambil keputusan sangat dipengaruhi oleh nilai atau prinsip yang dianut orang tersebut. Prinsip-prinsip yang paling sering mendasari pemikiran seseorang dalam mengambil keputusan adalah sebagai berikut:

  1. Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)

  2. Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)

  3. Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking

Orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis hasil akhir akan melakukan atau mengambil keputusan dengan senantiasa menjadikan kebaikan orang banyak sebagai pertimbangan. Orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis peraturan, cenderung akan menjunjung tinggi prinsip-prinsip/ nilai-nilai dalam dirinya. Sementara orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis rasa peduli cenderung akan melakukan apa yang dia harapkan orang lain akan lakukan kepada dirinya.

Sebagai panduan dalam mengambil keputusan pada situasi dilema etika, ada 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan, yaitu:

  1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan

  2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi tersebut

  3. Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan.

  4. Pengujian benar atau salah

Ada lima pertanyaan untuk menguji benar atau salah, yaitu

  1. Apakah ada aspek pelanggaran hukum? (Uji legal)

  2. Apakah ada pelanggaran peraturan atau kode etik? (Uji Regulasi/Standar Profesional)

  3. Apakah tindakan ini sejalan atau berlawanan dengan nilai-nilai yang diyakini? (Uji intuisi)

  4. Apa yang Anda akan rasakan bila keputusan ini dipublikasikan di media cetak maupun elektronik  dan menjadi viral di media sosial? (Uji publikasi)

  5. Apa yang akan dilakukan oleh seseorang yang merupakan panutan? (Uji panutan/ idola)

  1. Pengujian Paradigma Benar lawan Benar, yaitu dengan melihat paradigma mana yang terjadi. Apakah paradigma Individu lawan masyarakat, Rasa keadilan lawan rasa kasihan, Kebenaran lawan kesetiaan, atau Jangka pendek lawan  jangka panjang.

  2. Melakukan Prinsip Resolusi, yaitu dengan melihat prinsip yang akan dipakai. Apakah prinsip Berpikir Berbasis Hasil Akhir, Berpikir Berbasis Peraturan, atau Berpikir Berbasis Rasa Peduli.

  3. Investigasi Opsi Trilema, yaitu alternatif lain yang lebih kreatif dan tidak terpikir sebelumnya yang bisa saja muncul saat kebingungan menyelesaikan masalah.

  4. Buat Keputusan

  5. Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan

Berbekal 9 langkah di atas, kami mencoba menyelesaikan kasus yang terjadi di sekolah tempat mengajar salah seorang rekan kelompok. Dalam kasus ini, rekan kami berada dalam situasi dilema etika antara mengikuti perintah kepala sekolah untuk mengeluarkan seorang siswa dari sekolah atau tetap mempertahankan siswa tersebut. Namun akhirnya kami memutuskan bahwa siswa tersebut tidak perlu dikeluarkan dari sekolah. Pengambilan keputusan ini didasari oleh ketiga prinsip pengambilan keputusan, yaitu prinsip berpikir berbasis rasa peduli (care-based thinking), karena pada pengambilan keputusan ini kami mengandaikan diri kami berada pada posisi siswa tersebut. Dalam kasus ini, terjadi pertentangan antara rasa keadilan dan rasa kasihan. Sekalipun dalam kasus ini, terjadi pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan oleh siswa tersebut, akan tetapi rekan kami tentu akan merasa tidak nyaman bila keputusan ini dipublikasikan di halaman depan koran. Pasalnya, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa menjadi konsumsi publik. Terlebih lagi dampaknya akan terjadi pada siswa itu sendiri. Kami yakin bahwa panutan ataupun idola kami juga akan mengambil keputusan yang sama jika berada pada situasi ini. Selain itu, kami juga memiliki sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma), yakni bekerja sama dengan dinas sosial dalam penanganan rehabilitasi siswa tersebut untuk mendapatkan pembinaan dan pelatihan agar ia tidak lagi melakoni pekerjaan sebagai PSK. Keputusan ini memberikan pelajaran yang sangat berharga yakni guru mesti lebih peduli terhadap siswa dan bagi siswa yang lain bisa lebih menjaga pergaulan demi masa depan mereka.

Dari pelajaran pekan ini, saya berkesimpulan bahwa dilema etika adalah situasi dimana kita diperhadapkan pada dua pilihan yang bertentangan  dan keduanya merupakan sesuatu yang benar (benar lawan benar). Sedangkan bujukan moral adalah situasi dimana kita juga diperhadapkan pada dua pilihan yang bertentangan, akan tetapi yang satunya benar dan satunya lagi bernilai salah (benar lawan salah). 4 paradigma pengambilan keputusan yaitu Individu lawan masyarakat, Rasa keadilan lawan rasa kasihan, Kebenaran lawan kesetiaan, dan Jangka pendek lawan jangka panjang. 3 prinsip pengambilan keputusan yaitu Berpikir Berbasis Hasil Akhir, Berpikir Berbasis Peraturan, dan Berpikir Berbasis Rasa Peduli. Orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis hasil akhir akan melakukan atau mengambil keputusan dengan senantiasa menjadikan kebaikan orang banyak sebagai pertimbangan. Orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis peraturan, cenderung akan menjunjung tinggi prinsip-prinsip/ nilai-nilai dalam dirinya. Sementara orang yang mengambil keputusan berdasarkan prinsip berpikir berbasis rasa peduli cenderung akan melakukan apa yang dia harapkan orang lain akan lakukan kepada dirinya. 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yaitu mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan, Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi tersebut, Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan, Pengujian benar atau salah, Pengujian Paradigma Benar lawan Benar, Melakukan Prinsip Resolusi, Investigasi Opsi Trilema, membuat keputusan, dan merefleksi keputusan. Dari modul ini, saya baru mengetahui bahwa dalam mengambil keputusan kita tidak boleh gegabah. Kita harus memperhatikan banyak hal seperti mengumpulkan fakta, menguji benar atau salah, menguji paradigma, dan yang terpenting adalah kita harus menyadari prinsip yang digunakan dalam mengambil keputusan, apakah berbasis hasil akhir, peraturan, atau rasa peduli. Akan tetapi setelah mengambil keputusan, kita masih harus merefleksi keputusan yang kita ambil.

Sebelum saya mempelajari modul ini, saya hanya menggunakan intuisi dalam setiap pengambilan keputusan terutama dalam situasi moral dilema. Setelah mempelajari modul ini, saya baru mengetahui bahwa setidaknya ada 9 langkah dalam mengambil keputusan jika kita berada pada situasi moral dilema. Materi ini membuat saya lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan terutama pada saat diperhadapkan pada dilema benar lawan benar.

Kedepannya saya berharap bisa menggunakan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam mengambil keputusan ketika berada pada situasi dilema etika atau bujukan moral. Dengan demikian, saya bisa mengenal masalah yang sedang dihadapi dengan baik dan dapat mengambil keputusan secara bertanggung jawab. 


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Terbaru

Translate

Followers

Guru Itung. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *